Minggu, 27 Mei 2012

Hasil PDKT'an

Hasil PDKTan nih..

Wow, Hasil Pendekatan apaan nih? seorang cewek? wanita? disimak dulu aja deh ya :)

sekitar pertengahan bulan april lalu kami dari Bindes BEM KM sempat sharing sama salah satu dosen sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM IPB)

dan ngobrolin berbagai hal tentang "Pengembangan Masyarakat". Yap! saya sempat merasa tertampar, merasa tertusuk saat mendengar berbagai macam penjelasan tentang sebuah Community Development yang sebenarnya.


awalnya sih saya mengira sebuah pengembangan masyarakat itu susah, yap sangat susah sekali malah. ketika kita sudah capek capek membuat program kerja untuk desa binaan yang harapan kedepannya itu bisa membuat desa itu bisa lebih maju, bisa lebih mandiri, keadaan ekonominya bisa naik. Ternyata? program yang kita ajuin ke desa itu malah gak dibutuhkan oleh masyarakat disana. dan mungkin aja mereka mengikuti program kerja ini hanya dengan setengah hati doang, ngikutin dengan keterpaksaan, hanya embel embel dari mahasiswa yang sedang penyuluhan kesana.

zzzzzz itu pemikiran lama saya tentang sebuah program kerja, yang memaksakan kehendak masyarakat untuk mengikuti program kerja yang sudah dibuat  -_-

dan ternyata ya..
Pogram kerja yang baik itu, datang dari keinginan masyarakat desa itu sendiri, dan kita sebagai mahasiswa hanya untuk fasilitator doang, yang hanya membantu mencarikan link, ato apalah untuk menunjang program keinginan dari masyarakat desa itu sendiri. jadi tanpa disadari masyarakat desa .itu melakukan dengan sepenuh hati program keinginanya itu.

eh paham gak sih ini tulisan acak acakan saya? pokoknya paham gak paham pahamin dulu aja dah. 

lha terus apa hubungannya dengan PDKT'an?

kita dikasih tugas gitu untuk melakukan pendekatan sama warga disana, jadi kalo kita udah deket sama masyarakat desa, kita udah saling kenal sama semua masyarakat desa, ntar juga kita pasti bisa tau apasih yang dibutuhin sama masyrarakat disana itu? apasih sebenernya keinginan dari masyakat desa disana?

gimana caranya PDKT nya?

pernah PDKT gak sih? ya saya sangat sering itu #loh
 ya sama aja kaya kita lagi pdkt sama lawan jenis gitu, jadi saya konversikan ke masyarakat sana.. dan target PDKTan saya sama bocah bocah rumah pelangi (taman bacaan desa) di desa itu.

kenapa kok anak anak? 

ya, bertahap lah, target awal saya emang mau menyentuh dari elemen yang paling muda dulu. soalnya juga lebih mudah, jadi saya juga bisa tau apasih yang ternyata dibutuhkan sama anak anak di desa itu? saya cuma mengambil beberapa sample anak anak untuk PDKTan.

jadi tahap pertama PDKTnya itu saya mau ngasih sesuatu hadiah ke mereka, terserah mereka mau hadiahnya apa. 
loh kok malah ngasih hadiah? apa ntar mereka malah jadi manja gitu minta hadiah terus?
ya sama halnya kaya PDKT lah, kita ngasih aja apa yang dibutuhin, biar ntar bisa percaya dan bisa nyaman trus bisa tau deh apa yang ternyata dia butuhin :)

biar selaras, seimbang antara kita sebagai fasilitator dengan program kerja yang mereka buat sendiri.

oh iya lanjut yang tadi ya, 
para bocah tadi itu namanya yeyen, ola, pipit sama siti.
mereka maunya hadiah crayon sama pensil warna. yaaaa, mumpung saya belum pernah ngasih apa apa ke desa, ya saya turutin lah apa yang mereka mau.
tapi dengan syarat nih yaa..
para bocah bocah itu harus menggambar dengan tema, 'kak rio'
yap, menggambar saya sendiri.. tetapi nih yaaa ada beberapa syarat lagi

1. dilarang mewarnai kulitnya (soalnya saya item, ntar malah jadi kaya bayangan doang -_-'
2. nggambarnya harus ada backgroundnya, biar gak monoton
3. harus ada namanya yang menggambar siapa
4. harus bagus

dan saya berjanji ngasih hadiahnya minggu depannya waktu turun desa berikutnya. dan mereka dengan serempak mengiyakan kesepakatan itu.  haha

oke tiba hari minggunya, dan ternyata saya ada Ujian Praktikum dan gak bisa kedesa -_-
akhirnya saya bikin surat untuk mereka yang saya titipkan ke pak direktur bindes untuk keempat bocah bocah rumah pelangi, dan saya berjanji juga untuk bertemu sore jam 3.

yap ternyata saya mengingkarinya -_-, berangkatnya jam 3 sore dari BNI. sampe sana jam 4 sore (macet parah). dan??? mereka sudah menanti dari jam set. 3 sore coba. wew.. kasian amaaaaaaat..

yap kesepakatan sebelumnya, kita bertukar tugas. mereka dapat hadiah pensil warna sama crayon dan saya mendapat hasil gambaran mereka tentang saya..

dan ini hasil gambar merekaa :D

ini gambarnya si Pipit kelas 5 SD

ini gambarnya si ayu kelas 4 sd

ini gambarnya si Ola kelas 6 SD

ini gambarnya si Siti klas 4 SD

ini gambarnya si Yeyen kelas 4 SD


trus semua gambar mereka juga udah saya tempel di mading kamar saya, dan juga mereka nambahin beberapa kerajinan tangan juga :')

mading di kamar




lucu juga sih gambaran mereka, kalo di perhatiin ada yang kaya ngalungin apa gitu, trus aku tanya, eh... ternyata itu kamera SLR. soalnya saya suka bawa kamera gitu kalo pas turun ke desa.. hiks :')

betapa indahnya disaat kita bisa berbagi dengan mereka juga yang mau berbagi dengan kita. :D

Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar