Sabtu, 07 April 2012

Fokus Kedepan dan Lakukan yang Terbaik

"yo, nek awakmu pengen ngelakokno sesuatu, ojok pengen sesuatu sing mbok lakokno iku ditontok opo maneh dinilai mabek wong liyo. wes nggarapo sing maksimal opo sing pengen mbok lakokno iku. soale nek awakmu nggarap sesuatu trus pengen hasile di tontok karo wong liyo ato dinilai trus wong liyo iku nilai garapanmu gak sesuai sing mbok harapno, asli mek ngesel ngeseli awakmu tok yo, dadi nggarapo ae sing isok mbok lakokno mboh hasile elek ta apik sing penting iku garapan terbaikmu".

yap itu sepenggalan kalimat bahasa jawa dari seorang teman, sahabat seperjuangan di Bogor waktu pulang berduaan ngelewatin jalan dibelakang asrama Putra TPB IPB setelah selesai cangkruk'an omda. tapi paham gak tuh bahasa indonesianya? yang gak tau bahasa indonesianya, sok mangga ditanyakan sama temen temen yang berasal dari jawa :P



Tidak bisa dipungkiri lagi lah kalo misalkan apa yang ingin saya kerjakan itu baik diorganisasi ataupun untuk seseorang ada setitik rasa ingin dihargai, dinilai, dipuji ato apalah bahasanya terserah.



apalagi kalo sesuatu yang ingin kita berikan itu melalui perjuangan, pengorbanan sampai titik darah penghabisan #alayparah, trus setelah kita berikan dan hasilnya, "hoh, begini ya", "aku juga bisa kale bung kalo cuma gini" hemmm hemm hemmm. Bisa ngedrop lah kalo udah capek capek trus digituin, ,ntar malah gak mau ngelakuin sesuatu lagi dah. Lain halnya kalo endingnya "wow, gile keren euy", "sip sip bagus bos", "makasih banyak ya, mungkin kalo gak ada lu . . . .". kalo seperti ini mah pasti bakal semangat lagi buat ngerjain tugas ato semacamnya lah.


tapi emang kenyataannya seperti itulah, masih ada beberapa sifat manusia yang mengharapkan imbalan ato meminta pujian seperti itu. ya meskipun hanya setetes rasa seperti itu. sayapun juga seperti itu kok #hiks.

Pada saat temen saya ngasi petuah seperti itu, asli #JLEBPARAH. saya pun gak sadar kalo selama ini saya ngelakuin sesuatu itu mengharapkan pujian. pantes aja sering sakit hati, sering trauma, sering mau bunuh diri #yanginibo'ong. dan ternyata yang saya lakuin selama ini gak ikhlas dong ya, dan banyak ternyata ternyata yang lainnya..

Saya juga sempat berpikir, kadang ketika saya ingin memberikan kontribusi ke organisasi saya atau ke seseorang, saya sering melihat kanan kiri sebelum bertindak. contohnya kita gak mau kalah sama yang lain, pokoknya kita harus lebih keren, lebih bagus dari tetangga sebelah, biar ntar punya kita dinilai yang paling baik (paham gak nih). ya boleh lah seperti itu untuk motivasi juga, nah masalahnya kalau apa yang kita kerjakan itu bisa lebih bagus dari lainnya, bisa lebih keren, bisa lebih baik dan lebih lebih lainnya ? nah kalo hasilnya itu terbalik? kalo punya kita yang lebih ancur dari yang lain? otomatis timbul rasa kecewa, timbul rasa iri juga.

coba deh ketika kita mengerjakan hal, tapi sebelumnya kita gak memikirkan feedback apa yang bakal kita dapat, kita gak mengharapkan imbalan atau pujian dari yang kita kejakan itu, kita gak sok sokan ngerjain supaya lebih bagus dari orang lain. kita kerjakan saja dengan ikhlas, lakukan yang terbaik, lakukan dengan usaha maksimal, fokus kedepan. percayalah, kalau toh gak ada orang yang menilai, malaikat dikanan yang bakal menilai hasil keikhlasan dicatatan kecil kebaikan diri kita. #angelprinciple.

ntar akan ada lagi cerita seru ketika saya berhasil mengundang Rektor IPB ke Surabaya. yang tak lepas dari nasehat boso jowoan temen saya ini tentunya :)

Fokus kedepan dan lakukan yang terbaik, Karena manusia terkait dengan apa yang dia lakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar