Kamis, 12 April 2012

a dream came true? yes! I believed it!


Mimpi menjadi kenyataan?

Seperti biasa, ada cangkrukan himasuryaplus di pinus jam 7 malam lupa harinya sih tapi masih inget banget itu bulan agustus awal. Setelah tanya kabar dan bla bla bala seperti biasa, tiba tiba mbak indra (ketua himasuryaplus saat itu) bilang ke forum kalo saya terpilih jadi ketua panitia untuk acara Himasurya Plus IPB Goes To School. Wow! Taun kemarin saya ditunjuk jadi ketua regional Surabaya doing, tapi taun ini saya jadi ketua umumnya #naikpangkat.

Oiya blom pada tau HGTS ya? HGTS itu salah satu kegiatan besar dari omda Himasurya tiap tahunnya yang diadakan di kota masing masing di Surabaya, sidoarjo, mojokerto dan Gresik. Target kegiatan ini sih promosi IPB biasa di kota kota asal kami ini, tetapi omda himasurya ini mengemas kegiatan promosi IPB ini semenarik mungkin. Targetnya sih emang khusus buat adik adik SMA kelas 3 yang lagi galau mau kuliah dimana gitu sih. Taun kemaren kami mengemas acara ini dengan beberapa kegiatan seru, contohnya ada Kunjungan Industri dan puncaknya pada seminar IPB di tiap kota. Kebayang gak kegiatannya? Pokoknya gitu deh kegiatannya.


 nah taun ini saya juga bingung mau saya jadiin apa HGTS ini, awalnya sih saya pinginnya ada penanaman mangrove di Surabaya, ada workshop juga trus ada pameran pertanian yang terpusat gitu.. oke konsep dari  saya masih seperti itu, dan saya akhirnya memutuskan mencari para BPH nya dulu nih.. nah  untuk mencari BPH nya ini asli deh ganti ganti terus, soalnya gak cocok lah, gak mau lah, apalah itulah banyak alasan dan seiring dengan berjalannya waktu, terbentuk lah komposisi BPH HGTS 2012. Tapi supaya lebih semangat nih ya, saya bikin nama sendiri untuk BPH beserta jajarannya dengan nama

“Kabinet HGTS 2012”
Presiden : saya sendiri

Sekretaris Negara I : Ayun farikhah (matematika 47)

Sekretaris Negara II : Aris (Gizi masyarakat 47)

Menteri keuangan : Denok (Agronomi dan hortikultura 47)

Trus ada juga divisi divisinya yang saya beri nama Mentri acara, mentri logistik dan transportasi dan mentri mentri lainnya.

Awalnya saya bingung ini mau gimana mulainya soalnya waktu masih 6 bulan lagi. Akhirnya dengan rombak merombak, acara digodok dan dimatangkan. Jadilah konsepan acara HGTS2012 yang matang ini.

Jadi ada Kunjungan Industri tiap kota (tergantung kota tersebut bisa ato tidak) habis itu ada seminar Pertanian plus Workshop boneka horta di tiap kota. Kota Surabaya digabung sama Sidoarjo , dan kota mojokerto sama gresik berdiri sendiri untuk ngadain seminar + Workshopnya.

Oh iya dari awal mulai sampe setelah konsepan matang itu saya betul betul stress parah dah. Tiap kali ke mbak endita yang ketua HGTS taun lalu untuk tanya tanya gimana acaranya yang blom kunjung matang.

Dari anak anaknya juga saya ngerasa kalo mereka belum punya rasa memiliki HGTS ini. Rasanya masih saya sendiri yang ngerasa ini acara saya men!. Saya juga masih sering galau saat itu, bingung mau diapain acara ini, kok masih ngambang aja acaranya ini, belum pada kebayang juga.

 Dan H-2 bulan menuju HGTS 2012 acara masih ngambang, tapi udah dapat bantuan dari Horta sebesar 175 boneka free untuk pelatihan di seminar itu, yaa Alhamdulillah ,saya udah rada tenang.

 Tapi emang waktu itu saya jarang buat sharing ke angkatan atas. Soalnya emang gitu, waktu saya mau share ke kakak senior saya, yang saya rasakan bukan  ngebantu, malah memperumit keadaan, malah nyusahin aja, malah bikin pusing, seakan gak dikasih solusi Cuma di suruh ini udah selesai? Yaudah kerjakan, lo aku gak tau itu, napa tanya aku ?. dan masih banyak lagi yang bikin saya pengen bunuh diri #haha.

Alhasil saya diem diem aja dah mengenai perkembangan HGTS ini, saya sering ke rektorat untuk ngasi tau kalo himasurya ada acara dan lain lain lah. Saya juga minta bantuan ke yang punya roselt itu buat minta bantuan lah. Setelah saya capek capek dengan itu semua, akhirnya saya buka fesbuk dan apa yang terjadi? 

Di Group himasurya plus ada salah satu orang yang ngepost gini garis besarnya “mana ya panitia HGTS nya? Kok kayak diem diem aja, semoga aja taun ini “MINIMAL ADA” Himasurya goes to school” #JLEB!!!!!!

Dan asli saat itu saya langsung gak nyante, dan bergumam macem macem lah, apa yang sedang saya perjuangkan itu rasanya belum dipercaya gitu lo. Okelah saya coba cerita ke seorang teman saya tentang yang itu. Ya akhirnya dia bilang seperti yang saya posting beberapa hari lalu ….
  

Dan sejak saat itu saya ON FIRE banget! Saya buktikan kalo saya dan teman teman 47 dan 48 ini bisa bikin acara HGTS ini, saya buktikan kalo kami bisa! #gaksantai!!

Akhirnya saya dikamar sering latian sendiri untuk pembukaan acara HGTS2012 nanti didepan kaca. Saya berulang ulang kali berkata gini :

Yap, Assalamualaikum.. yang saya hormati Ibu Risma selaku Walikota Surabaya, yang saya hormati Bapak Herry selaku Rektor Institut Pertanian Bogor, yang saya hormati Bapak Slamet selaku Ketua Himpunan Alamni IPB Jawa Timur, yang saya hormati Bapak Gun selaku pemateri, yang saya Hormati Seluruh Alumni IPB Jawa Timur yang berkenan hadir di acara HGTS ini dan tak lupa yang saya banggakan Adik adik SMA Surabaya dan Sidoarjo

Kata kata itu kerap kali saya ucapkan ketika sebelum berangkat kuliah, setelah pulan kuliah, sebelum rapat, dan sebelum ke Rektorat. Entah seakan akan kata kata itu menyemangati saya sendiri untuk bernegosiasi sama humas rektorat supaya pak Rektor sendiri yang menghadiri acara itu. 

Segalanya sudah saya perjuangkan, saya korbankan untuk acara ini, termasuk MPD saya ‘Belantara’.
Sebenernya saya sangat malu waktu saya gak ikut MPF ini, saya malu sama teman teman saya di dpartemen, saya malu sama senior yang sudah merancang ‘Belantara’ ini sedemikian rupa dan saya malah sibuk sama HGTS ini. 

Singkat cerita saat itu hari terakhir UAS dan saat itu juga puncak Belantara di gunung walat, saat itu juga saya dipanggil sama humas rektorat masalah pendanaan dan siapa yang bakal datang ke Surabaya. Dan saat itu saya juga bingung diantara keduanya, kalo saya milih ikut belantara, dan sudah bisa dipastikan dana dari rektorat gak bakal keluar, pasti rektor juga gak bisa datang, dan HGTS terancam gagal.   

Nah kalo saya milih ketemu sama humas rektorat, bisa dipastikan saya gak ikut belantara, psati bakal gak enak juga sama anak anak, apalagi saya juga sebagai ketua AK, trus saya juga terancam gak bisa ikut himpro TGC, trus ngerasa gak ngehargain aja sama belantara yang udah di konsep matang sama kakak kakak tingkat ini, dan masih banyak lagi pertimbangan kalo saya gak ikut belantara ini.

Malamnya pun saya sempet solat istikharah, saya bingung mau milih yang mana. Akhirnya dengan beberapa pertimbangan saya memilih bertemu dengan humas rektorat. setelah kelar ujian terakhir itu. Sebelumnya saya juga sudah beli’in barang barang buat kelengkapan AK saya buat belantara ini.

Dan ujian pun kelar, saya buru buru ke rektorat untuk bertemu sama humasnya itu dan setelah negosiasi yang cukup panjang, Alhamdulillah dana dari rektorat turun 8 juta untuk HGTS2012 ini dan rektor insyaAllah diusahakan juga bisa hadir. #JLEB!!!! Waktu dengernya kalimat itu rasanya mau ngefly men!!! Rasanya apa yang saya perjuangkan dari awal itu mulai keluar titik terangnya.

Dan 2 hari setelahnya saya pulang ke Surabaya membawa macam macam barang untuk perlengkapan seminar dan lain lain.  Nah di Surabaya pun saya gak berleha leha gitu aja, saya bersama septian, vanni, Helga, Tiwul, Rei, Nirwan dan mas Iqbal berjuang mati matian lah untuk kelancaran acara ini.
Dari bolak balik ke PTPN XI, ke PTPN XII, ke PTPTN IX trus ke sekolah sekolah buat nyebarin surat undangan sekalian promosi IPB juga..

Mungkin tiap hari ada kayaknya saya ke PTPN XI ini untuk minta dana, ato negosiasi sama direkturnya untuk hadir di acara kami ini. Direktur dari PTPN XI ini pak Slamet purwadi, beliau selaku Ketua Himpunan Alumni Jawa Timur. Setelah saya sering bernegosiasi sama pak slamet, sering mempromosikan acara HGTS2012 ini   bakal keren lah dan bla bla bla lainnya.. dan?? PTPN XI janji akan menyumbang dana juga untuk acara ini. YEY!!!!!

Singkat cerita setelah saya beserta teman teman yang super hebat ini gila gilaan muter muter Surabaya dari siang sampe sore, rapat sampe malem dirumah Vanni, malah sempat ada konflik juga saya sama si vanni, trus banyak banget dah masalah sama rintangannya yang sudah saya bersama para pejuang HGTS di Surabaya ini tapi kita gak gentar men! Tancap gas terus!!!  

 Foto perjuangan kami nih

logo HGTS
poster acaranya
rapat dirumah saya nih


yang ini lagi makan di es campur pacarkeling :D

lagi rapat malem malem di mcd rungkut

si helga sama tiwul refreshing naek sepeda koleksian dirumah :D

ini lagi presentasi di SMA surabaya

ini juga lagi presentasi





Akhirnya…

H-5 saya dapat telpon dari rektorat..

“halo, ini mas rio? Saya pendamping bapak Rektor untuk canvasing ke Surabaya, bagaimana mengenai persiapan hotel dan segalanya mas?”

#JLEB!!!!!!!! Ini lebih parah lagi jlebnya!, rasanya apa yang sering saya ucapkan didepan kaca waktu itu satu persatu mulai mendekati kenyataaan mamen!! #ONFIRE
Saya juga cerita ke pejuang HGTS Surabaya ini kalo rektor bakal hadir, dan kami pun lebih gencar untuk berjuang demi menyebarkan pertanian di kota pahlawan ini.

H-4 menuju HGTS 2012 saya dapat telpon dari humas rektorat..
“Mas rio, ini bu zule.. untuk program canvasing ini udah dapat telpon kan? Selamat ya pak Rektor sendiri yang mau menghadiri acara di Surabaya mas, trus ini dari rektorat turun 11 jt untuk himasurya”
Allahuakbar! Mimpi dan kerja keras mulai menjadi nyataaa saya gak nyangka bisa dapat dana segitu banyaknya, ditambah lagi Pak herry sendiri yang ingin menghadiri acara HGTS2012 ini..

H-2 dari rektorat datang kesurabaya, dan kita juga sudah menyiapkan segala galanya lah untuk HGTS 2012 ini, dari panggung, stand pameran, pembicara dari pak gun sutopo juga sudah fix, tinggal berdoa aja untuk peserta nya nih.

H-1 saya dapat telpon dari PTPN XI

“mas rio, ini dana sudah turun 5 jt dari PTPN XI. Semoga acaranya lancar ya mas, oh iya ini pak direktur bisa menghadiri acara besok mas”

Alhamdulillah Ya Allaaah!!! Gak nyangka tokoh sentral sudah dipastikan bisa hadir untuk acara kami ini..

Sampai malam kami mempersiapkan HGTS2012 ini, yang saya takutin itu Cuma besok ada gak peserta yang hadir, soalnya taun kemarin juga kurang meriah acaranya di Surabaya ini. Pejuang dari Sidoarjo pun juga ikut ikutan berjuang di Surabaya loh, mereka di Sidoarjo juga sudah mati matian untuk acara ini, mereka juga tiap hari muter muter SMA untuk nyebar undangan, mereka juga sering ke Surabaya untuk rapat dan lain lain lah..

H-1 sebelum HGTS 2012

ruang tempat HGTS 2012
beresin souvenir

nih backwall buat pameran

rapat terakhir kali di hotel tempetnya orang" dari rektorat

 

Berita dari Mojokertodan Gresik pun juga cukup membuat saya tersenyum puas, acaranya udah siap mas, ini anak anak lagi nyiapin yang belum belum doang. Untuk kota Mojokerto dan Gresik juga jaauh lebih keren nih, mereka juga ada yang ke Surabaya untuk rakor, mereka juga udah gila gilaan menyiapkan HGTS 2012 ini.


Dan….
Keesokan harinya kami sudah bersiap di lokasi sekitar jam 6 pagi untuk menyiapkan tatanan panggung yang belom kelar, cek sound dan hal hal yang sepele pun kita persiapkan matang matang.
Kemudian ada bapak bapak, eh om om sih lebih tepatnya nyamperin saya, 

“mas ketuanya siapa ini, ibu Walikota berkenan hadir untuk acara ini, tolong segera di persiapkan acaranya ya mas”

Bener deh, ini yang bikin hamper nangis, pengen teriak kenceng kenceng!!!!!
Semua tokoh sentral, dari Rektor, ketua HA JATIM dan Walikota Surabaya berhasil kami datangkan untuk acara ini :D

Acara dimulai pukul 8.00
Saya sendiri sedang menemani Pak Rektor, Bu Walikota dan Direktur PTPN XI di ruang transit untuk menunggu dipanggil sama si MC. Setelah ngobrol ngalur ngidul, saya juga gak tau apa yang dibahas sama tokoh tokoh sentral ini, yang saya denger sih katanya dari Surabaya mau kerjasama dengan IPB untuk masalah Urban farming di Surabaya. 

waktu registrasi 

ternyata pak herry teman satu asrama sama pak gun sutopo


Oke Helga sudah nongolin kepala ke ruang transit yang menandakan. It’s show time!!!
Saya mendampingi tokoh sentral itu menuju panggung acara, melewati ratusan siswa dan guru yang mengahadiri HGTS 2012 ini. Dan itu sangat mengharukan men! Semua dari apa yang saya sering ucapkan, yang sering saya impikan itu jadi kenyataaaan! 

SHOW TIME!

waktu keluar dari ruang transit
menuju panggung
udah dipanggung :D

pak slamet (direktur PTPN XI)
Setelah cuap cuap didepan panggung, lantas kami mengunjungi stand pameran produk IPB hasil saya nego sama ibu humas rektorat. Haha.

sharing sama pak iwan (alumni ipb angkatan 5)
mengunjungi stand produk IPB
paling kanan pak iwan (alumni ipb angkatan 5, saya, bu risma (walikota surabaya), rektor IPB (pak herry), pak slamet (direktur PTPN XI), pak di PTPN XI (lupa namanya)

ngasi plakat ke pak rektor

ngasi oleh oleh buat pak gun


Oh iya, HGTS2012 di Surabaya ini dihadiri oleh perwakilan SMA sesurabaya dan sidoarjo, ada juga beberapa universitas di Surabaya, beberapa alumni IPB jawa timur.

Ini beberapa foto kegiatan Himasurya Goes To School 2012

pembukaannya nih

suasana saat acara

workshop horta



penuh dan sesak


Kalo di HGTS di Mojokerto malah pesertanya membludak, ada lebih dari 300 peserta yang menghadiri HGTS, trus di mojokerto juga ada Industrial Visit ke pabrik Sosro loh, keren betul dah.
Nah di gresik itu juga gak kalah seru dari Surabaya dan mojokerto, lokasinya di aula PT KML, seluruh SMA dari gersik juga hadir dalam acara itu. 

Yap.. mungkin tanpa perjuangan dari para pejuang HGTS2012 baik dari Mojokerto, Gresik, Sidoarjo dan Surabaya saya gak bisa apa apa, saya hanya seseorang yang ingin menyebarkan pertanian di kota kota kami ini di jawa timur, saya hanya seseorang yang ingin semua tau kalo pertanian itu gak cuma cangkul mencangkul, pertanian itu emang masa depan yang cerah men!, saya Cuma seseorang yang punya mimpi acara HGTS2012 ini ADA! Dan SUKSES!

Mungkin makna tersirat dari HGTS 2012 ini dari Anggota Himasurya PLUS bisa lebih akrab satu sama yang lain, trus saling kenal sama kakak tingkat, adik tingkat, trus kenal sama yang angkatan atas atas juga, kalo yang tersurat dari HGTS2012 ini selain membantu IPB dalam Promosi, tapi dari kami sendiri ingin mengenalkan Pertanian ke masyarakat, ke adik adik SMA dan ingin mengubah pandangan mereka tentang pertanian yang hanya cangkul mencangkul ini. 

Saya ucapkan juga banyak banyak terima kasih buat Mbak Indra selaku ketua HIMASURYAPLUS taun kmaren, Mbak Enditaaa ketua taun kemaren, mbas oky, mas febry, trus senior yang lainya..
Kalo untuk pejuang disurabaya sih buat Septian ketua regional Surabaya, Mas Iqbal (ketua himsplus sekarang), Vanni, rei, tiwul , nirwan, Helga logstran mantap, mas reza juga, ketua mojokerto juga si Cahyo, gresik si Ian, si lintang yang design kereeen! . Pokoknya semuamuanya yang berkontribusi di HGTS 2012 ini.

Trus juga buat Pak Herry selaku rektor IPB yang berkenan hadir dalam acara kami ini, Bu Risma selaku Walikota yang berkenan hadir, Pak Slamet Purwadi selaku Direktur PTPN XI, pak slamet wirawan bapak yang senantiasa menyemangati kami, mas dody, dari pihak Rektorat IPB juga yang mensukseskan acara ini, tak lupa atas ijin Allah juga tentunya.

Yang bisa saya tangkap dari  pengalaman ini, adalah sebuah MIMPI yang diselaraskan dengan kemauan, keyakinan dan perjuangan keras serta ikhlas akan berbanding lurus dengan KENYATAAN ! jangan takut untuk bermimpi men! Yakin! Fokus! Dan lakukan yang terbaik!

Si vanni abis kelar acara

disela sela acara sama pak gun

akhir acara nih sama pak rektor
Pejuang pembangun negri
masuk situs pemerintahan kota lo.. http://www.surabaya.go.id/galeri/detail.php?id=2901

 “Agriculture for the best FUTURE”

a dream came true? yes! I believed it!

-Sekian

4 komentar:

  1. EXTRA ORDINARY FRESH!!! HGTS 2014 HARUS LEBIH BAIK!!! INSPIRING banget deh mas Rio ceritanya,, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, taun depan harus balas dendam yak!
      Smangat :)

      Hapus